Opera adalah salah satu browser mobile paling populer di Indonesia
sejak mengalami peningkatan 182 persen pada angka pengguna Opera
Mini-nya yang sekarang tersedia di semua platform smartphone di
Indonesia.
Sementara itu pengguna Opera di Indonesia juga meningkat 46 persen. Pada presentasi ini, Fabrizio Caruso, senior vice president of Asia di Opera, akan memberikan sudut pandangnya mengenai dunia mobile Indonesia, menggunakan data yang dihasilkan dari ekspansi perusahaan ini.
Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan pasar mobile dan penetrasi smartphone di Indonesia sangatlah pesat, dan itu bisa terlihat dari angka-angka berikut:
merdeka.com
Sementara itu pengguna Opera di Indonesia juga meningkat 46 persen. Pada presentasi ini, Fabrizio Caruso, senior vice president of Asia di Opera, akan memberikan sudut pandangnya mengenai dunia mobile Indonesia, menggunakan data yang dihasilkan dari ekspansi perusahaan ini.
Tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan pasar mobile dan penetrasi smartphone di Indonesia sangatlah pesat, dan itu bisa terlihat dari angka-angka berikut:
- Pengguna smartphone Android di Indonesia pada bulan Mei naik 189 persen dibandingkan angka di bulan yang sama tahun lalu.
- Konsumsi data pada Android 218 persen lebih tinggi daripada rata-rata data yang dikonsumsi oleh pengguna Opera Mini.
- Sembilan dari 10 smartphone Android yang paling banyak dibeli di Indonesia semuanya adalah produk Samsung, dan tak satupun yang harganya lebih dari Rp 2,3 juta.
- Lima situs yang paling banyak dikunjungi pengguna Opera Mini di Indonesia adalah (1) Google, (2) Facebook, (3) Blogspot, (4) WordPress, (5) Youtube. Sementara, Kaskus dan Tokobagus ada di 15 besar.
- Usia pengguna Android di Indonesia: 40 persen berusia antara 25 sampai 34 tahun, dan 34 persen berusia 18 sampai 24 tahun.
- Tahun lalu, 62 persen masyarakat Indonesia mengakses internet melalui handphone. Itu merupakan angka tertinggi dan menggeser warnet yang sekarang berada di peringkat kedua di angka 49 persen.
merdeka.com